Rabu, 03 April 2013

HIMMAKA Untuk Majalengka

HIMMAKA Bandung sebagai organisasi kedaerahan mahasiswa Majalengka yang berada di Bandung dan senantiasa  tetap memiliki  rasa cinta terhadap lemah cai Majalengka. Sebagai bentuk rasa cintanya tersebut, Himmaka bergerak dan membuktikan bahwa rasa cintanya kepada Majalengka bukan sebagai wacana saja. Dengan tujuan menumbuhkan jiwa sosial dan mengabdikan diri kepada masyarakat, terlebih mengingat mahasiswa sebagai Agent Social of Change, melalui  Himmaka inilah mahasiswa asal Majalengka mencoba memberikan pengabdiannya terhadap masyarakat dan Majalengka dengan diadakannya kegiatan “Kibar Bakti Sosial”.
Kegiatan Bakti Sosial bukanlah hal yang baru bagi dulur-dulur Himmaka Bandung, karena kegiatan ini merupkan agenda tahunan dalam mengisi libur panjang semester genap. Untuk lokasi kegiatannya sendiri dilaksanakan di Desa Cibunut, Kec. Argapura, Kab. Majalengka. Berada di sebelah “kidul” Kab. Majalengka dan berada di daerah pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi desa Cibunut untuk dijadikan lokasi baksos. Udara dingin gunung Ciremai, dan jarak tempuh yang cukup jauh bukan penghalang yang begitu berarti dalam melaksanakan kegiatan baksos ini. 
Selama kurang lebih satu bulan, yaitu dari mulai tanggal 18 Juni sampai 16 Juli, kegiatan baksos tersebut dilaksanakan. Kegiatan ini juga dilaksanakan berdasarkan salah satu pedoman tri dharma perguruan tinggi yaitu “pengabdian”. Dengan bertemakan “Kawula muda nu ngawangun bangsa ku pangaweruh tur agama” Himmaka Bandung mencoba mengaktualisasikan dirinya untuk Majalengka. Banyak kegiatan yang kami laksanakan di sana baik dari segi kependidikan, keagamaan, dan kemasyarakatan.
Untuk bidang pendidikan, yaitu memberikan bimbingan belajar kepada siwa tingkat SD berupa kursus  Bahasa Inggris, Teknik Informasi, serta membaca, menulis, dan berhitung (CALISTUNG) untuk tingkat KOBER. Bidang keagamaan sendiri dilakukan setelah kegiatan bimbingan belajar yang biasanya dilakukan siang hari, dan untuk sore harinya memberikan pengajaran baca dan tulis Al-qur’an, pengajian, dan Tabligh Akbar. Untuk bidang kemasyarakatan meliputi Diskusi dengan pemuda dan tokoh-tokoh masrarakat.
Selain itu juga diadakan penyuluhan-penyuluhan. Contohnya saja mengadakan dialog mengenai KUKM, Menejerial Karang Taruna, dan Potensi Desa. Ikut berpartisipasi dan mengadakan hiburan, perlombaan-perlombaan dan  kerja bakti bersama masyarakat setempat juga dilakukan untuk lebih berbaur dengan masyarakat dan mempererat rasa kekeluargaan..  
Menurut HY. Untung, S. Pd., selaku pembina Himmaka Bandung, kegiatan bakti sosial ini sangat baik dilakukan karena merupakan bentuk pembelajaran bagi dulur-dulur Himmaka Bandung bagaimana caranya bermasyarakat. “Kegiatan bakti sosial ini dikatakan berhasil apabila memberikan perubahan yang positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Desa Cibunut ini serta bagi dulur-dulur Himmaka Bandung”, ujar mang Untung.
Semoga setelah dilaksanakannya kegiatan bakti sosial ini HIMMAKA Bndung dapat memberikan  perubahan, manfaat dan dorongan semangat membangun kepada masyarakat desa Cibunut.
(Nurlailla/red)

HIMMAKA Post-Edisi 1

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Posting Komentar di sini: