Selasa, 09 April 2013

Perkembangan Teknologi di Era Cyber Comunitty


Di Era serba canggih ini, sebagaimana menurut McLunch (1964) bahwa dunia akan menjadi the big village  yaitu sebuah desa yang besar dimana masyarakat saling kenal dan menyapa satu dengan yang lainnya. Ini terbukti sekarang dengan adanya jaringan yang saling terhubung satu dengan yang lainnya. Masyarakatpun kebanyakan  sudah berubah menjadi golongan CyberComunitty yaitu Komunitas manusia yang telah hidup dalam dua dunia kehidupan yaitu kehidupan masyarakat nyata dan kehidupan masyarakat maya.
Kita yang berada di Indonesia dengan mudah mengetahui kabar kerabat di  Amerika serta dapat melihatnya secara langsung. Dan itulah yang sedang terjadi dengan pola silaturahmi yang modern ini. Apalagi jika kita mengaitkannya dengan perkembangan era informasi yang lebih canggih dari itu. Seperti  kita ketahui bahwa mulai bermunculan koran internet, radio internet, social media bahkan televisi internet. Semuanya mudah tersaji hanya dengan “klik”. Setiap orang tidak bisa menghindari ini semua, bagi mereka yang tidak mampu untuk menciptakan, maka mereka diharuskan menjadi bagian dari seorang yang konsumtif.
Namun dari semua hal tersebut, perkembangan teknologi memiliki dua sisi yang saling bersebrangan. Dimana ada sisi baik dan sisi buruk. Sisi baiknya, peradaban manusia menjadi lebih canggih dan instan. Dengan memudahka manusia mendapatkan informasi seluas luasnya. Dan sisi buruknya, yaitu terjangkitnya pengaruh buruk yang disebarkan oleh teknologi yang kebanyakan dari barat tersebut. Dan kita pun tentu, harus bijak menyikapinya.
Bagi kami bidang Komunikasi dan Media (Komedi), perkembangan teknologi menjadi sangat penting dan perlu di pelajari, karena dengan begitu kami menjadi perantara informasi yang akan didapatkan oleh anggota Himmaka lainnya. Dengan adanya social media seperti FB, Twitter, blog maupun website tentu membantu kami terhubung juga dengan dunia luar baik anggota himmaka maupun bukan anggota himmaka. Sehingga dari sepetak dunia yang kita kenal akan terasa luas dengan adanya Komunikasi dan Media ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Posting Komentar di sini: