Rabu, 03 April 2013

Potensi Daerah


Salah satu kegiatan kemasyarakatan dalam kegiatan baksos kemarin adalah dialog mengenai Potensi Daerah. Dalam mengembangkan potensi daerah, tidak terlepas dari peran sumber daya manusianya dalam mengolah dan mengembangkan sumber daya alam sebagai potensi dan ciri  dari daerah tersebut. Dalam kegiatan baksos Himmaka Bandung (6/7), masyarakat Desa Cibunut mendapatkan kesempatan untuk berdialog langsung dengan pembina Himmaka Bandung bapak HY. Untung, S.Pd. Menurut HY. Untung, S.Pd., Yang biasa disapa mang Untung, dalam mengembangkan potensi suatu daerah ada tiga faktor penting yang harus diperhatikan, yaitu sumber daya alam, sumber daya manusia, dan sumber daya sosial.
Pada dasarnya SDM ini dituntut untuk memiliki kreatifitas sehingga mampu menggali potensi yang dimiliki dan mendapatkan kualitas SDA yang baik. Untuk mendapatkan kualitas SDA yang baik, maka dibutuhkan kualitas SDM yang baik pula, terlebih potensi yang dimiliki desa Cibunut 90% adalah sayuran (SDA).

Berbicara mengenai sumber daya sosial, menurut mang Untung karang taruna dinilai sebagai SDS yang menjadi motor penggerak dalam meningkatkan kualitas, kreatifitas, dan kompetensi SDM dalam menggali SDA sehingga potensi di daerah tersebut dapat dikembangkan tidak hanya untuk masyarakat desanya sendiri, tetapi juga mampu menembus pasar luar. Paradigma masyarakat tentang ketidaksesuaian antara pendidikan dengan pekerjaan yang nantinya akan digeluti  hendaknya segera kita hilangkan. Seperti halnya masyarakat desa Cibunut, menghilangkan paradigma tersebut merupakan tugas pertama yang harus segera dikerjakan karang taruna dalam meningkatkan kompetensi SDM.
Tugas utama kita adalah mampu berfikir dan bergerak untuk meningkatkan kualitas SDA, SDM, dan SDS sehingga mampu menggali potensi daerah kita dan potensi tersebut bisa sampai pada masyarakat luar juga bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
(Dwi.a/red)

HIMMAKA Post-Edisi 1

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Posting Komentar di sini: