Rabu, 03 April 2013

Mengungkap Tabir Cibunut


Dulur-dulur tahu dimana Cibunut??? Sudah seharusnya kita sebagai warga Majalengka yang baik serta cinta tanah air tahu tentang daerah-daerah sekitar Majalengka. Berada di daerah selatan kota Majalengka, dan berada di kaki gunung Ciremai. Desa Cibunut ini merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Argapura. Bisa dibayangkan dengan keberadaannya yang ada di kaki gunung Ciremai, Desa Cibunut ini memiliki pesona alam yang sangat indah dan udara yang masih jarang terjamah oleh udara-udara kotor seperti di kota. Terdiri dari empat blok/dusun, yaitu blok Desa, blok Wetan, blok Kulon, dan blok Cukangsari. Dan Ini merupakan desa dimana Himmaka Bandung melaksanakan Kibar Bakti Sosial 2012.
Ada beberapa hal yang akan membuat kita kagumi dari desa ini, dan ini merupakan nilai potitif dari kualitas sumber daya manusianya.
Pertama adalah budaya gotong royong yang masih terasa kental, sehingga dapat mewarnai, menjaga, serta melestarikan nilai-nilai kehidupan bermasyarakat yang madani, terasa saat pelaksanaan baksos kita kemarin. Kita disambut bahkan dilayani dengan baik dan ramah oleh warga desa Cibunut. Kedua adalah semangat api yang membara tak pernah padam anak-anak cibunut untuk menuntut ilmu meskipun jarak tempuh sekolah sangat jauh dengan tempat tinggal mereka, dan belum adanya sekolah untuk tingkat SMP dan SMA.
Yang ketiga juga tidak kalah menarik, yaitu permainan olah raga bola volly desa tersebut dari anak-anak, remaja, sampai yang tua sangat profesional dalam memainkan si kulit bundar tersebut. Salah Satu tim mereka yang ternama adalah citra (Cibunut terampil), permainan yang khas, smas-smas yang menusuk, servis-servis yang mematikan langkah, dipadu dengan kekuatan yang diolah secara alami serta didukung oleh jampi-jampi yang sangat manjur membuat nama citra pernah diatas awan. Keempat adalah tentang keagamaan, memang secara fakta untuk ilmu keagamaan anak-anak desa Cibunut kurang memadai. Namun dilihat dari sudut pandang pengajarnya yang sangat luar biasa, tanpa lelah memberi ilmu dunia dan akhirat, selalu bersabar dalam mendidik, serta memberikan ilmu dan pengalaman tanpa pamrih. Luar biasa pengorbanan yang diberikan oleh pengajar-pengajar ngaji tersebut, kita do'akan bersama-sama amal perbuatannya dibalas 7 kali lipat oleh Allah SWT.
Yang terakhir yaitu mojang-mojang Cibunut, yang memberikan rasa betah tersendiri bagi dulur-dulur Himmaka saat baksos kemarin. Hal yang benar-benar dikagumi adalah alam yang sangat luar biasa subur, indah, dan udara segar pegunungan. Untuk itulah bukan hal yang sangat asing lagi, jika dalam kegiatan baksos kemarin dulur-dulur Himmaka sering mendapat bantuan khususnya dari hasil panen sayuran. Namun, hal yang sangat disayangkan petani disana selalu menjadi korban ganasnya bandar-dandar sayur, akibat patokan harga yang sering diberikan para bandar dan kurangya manajemen marketing yang baik.
Desa Cibunut sebagai salah satu aset Majalengka yang perlu dijaga dan dikembangkan potensinya. Untuk itu, sebagai para putra daerah kita sudah sepantasnya menjadi pendorong dan penggerak dalam mengembangkannya.
(Arif.Martianto)

HIMMAKA Post-Edisi 1

1 komentar:

  1. HIMMAKA BDG
    terimakasih!
    jangan Lpa tehadap desa kami, semua apa yang bagus terapkan di khidupan teman-teman sekalian, dan yang jeleknya buang. sekali lg terimaksih kalian tlah memberi ilmu pendidikan yang bagus terhadap adik-adik kami, semoga apa yang kalian telah ajarkan di th 2013, untuk Desa Cibunut di 2015 ini dan kedepannya bisa lebih maju.

    BalasHapus

Silahkan Posting Komentar di sini: